Minggu, 27 November 2016

Pembagian Kerja Dalam Masyarakat


Assalamu'alaikum wr wb.
Kali ini saya akan membahas tentang artikel PEMBAGIAN KERJA DALAM MASYARAKAT yang dibawah ini akan dijelaskan mengenai PENGERTIAN, FUNGSI dan CONTOH PEMBAGIAN KERJA DALAM MASYARAKAT.


        Pembagian kerja merupakan pemisah suatu jenis pekerjaan yang dilakukan individu atau suatu kelompok individu tertentu. Jenis perkerjaan yang beragam di masyarakat tidak mungkin dikuasai dan dilakukan oleh setiap orang. Oleh sebab itu, dibutuhkan spesialisasi. Sehingga seorang hanya mengerjakan satu atau beberapa jenis pekerjaan saja.
 
        Menurut Hasibuan (2007) “pengertian analisis pekerjaan adalah menganalisis dan mendesain pekerjaan apa saja yang perlu dikerjakan, bagaimana mengerjakannya, dan mengapa pekerjaan itu harus dilakukan. analisi pekerjaan adalah informasi tertulis mengenai pekerjaan apa saja yang harus dikerjakandalam suatu perusahaan agar tujuan tercapai”.

        Fungsi pembagian kerja adalah untuk memudahkan dan menghindarkan bentrok kerja. Diwujudkan untuk mengelompokkan tugas sesuai dengan tanggungjawab masing-masing individu atau kelompok. Dengan jadwal ataupun definisi pembagian pekerjaan akan disesuaikan dengan kemampuan seorang lebih terlihat, lebih mengurangi tingkat kerumitan.dan yang pasti akan lebih efektif dan efisiensi.

          Contoh pembagian kerja bisa dilihat dari jenis kebiasaan suatu kelompok masyarakat. Misal pada masyarakat yang suka berburu, untuk laki laki bertugas melakukan perburuan, sedangkan untuk perempuan bertugas mengumpulkan tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah. Atau dalam masyarakat yang hidup dari meladang, untuk laki laki bertugas membuka hutan dan membakarnya, sedangkan perempuan bertugas menanam bibit. Bila dilihat dari usi, anak-anak biasanya melakukan pekerjaan ringan dirumah atau diluar rumah, sebaliknya orang dewasa bertugas mengerjakan pekerjaan yang lebih berat.

        Manfaat analisis pekerjaan akan memberikan informasi tentang aktivitas pekerjaan, standar pekerjaan, konteks pekerjaan, persyaratan personalia, perilaku manusia dan alat-alat yang akan digunakan.

Pengertian pembagian kerja (job description) menurut beberapa ahli:
  • Menurut Hasibuan (2007). Pembagian kerja yaitu informasi tertulis yang menguraikan tugas dan tanggung jawab, kondisi pekerjaan, hubungan pekerjaan, dan aspek-aspek pekerjaan pada suatu jabatan tertentu dalam organisasi.  
  • Menurut Rivai (2004). Pembagian tugas adalah hasil analisis pekerjaan sebagai rangkaian kegiatan atau proses menghimpun dan mengolah informasi mngenai pekerjaan. 
  • Menurut Pophal (2008). “Pembagian kerja adalah rekaman tertulis mengenai tanggung jawab dari pekerjaan tertentu. Dokumen ini menunjukkan kualifikasi yang dibutuhkan untuk jabatan tersebut dan menguraikan bagaimana pekerjaan tersebut berhubungan dengan bagian lain dalam perusahaan.  

        Dengan adanya pembagian kerja seperti di atas, pekerjaan jadi lebih ringan dan tidak memberatkan seseorang karena pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan kemampuannya. Jadi untuk setiap jenis pekerjaan dibutuhkan tanggung jawab oleh masing-masing individu atau kelompok dari pekerjaan tersebut.

Wassalamu'alaikum wr wb.

Referensi : 
http://www.psychologymania.com/2013/05/pengertian-pembagian-kerja.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar